Manfaat Oatmeal Untuk Stroke

Manfaat Oatmeal Untuk Stroke

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Denmark, sarapan dengan menggunakan oatmeal akan membantu mengurangi resiko terserang penyakit stroke. Pemilihan oatmeal ini lebih disarankan dibandingkan dengan sarapan telur dan juga roti bakar putih. Sudah sejak lama pengaitan antara mengkonsumsi oatmeal dan pengurangan resiko stroke ini ada.

Manfaat oatmeal untuk stroke ini juga didukung dengan adanya sebuah penelitian yang memeriksa data diet pada 55 ribu orang dewasa yang ada di Denmark. Rata-rata usia mereka adalah 56 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit stroke.

Pada awal penelitian, setiap pekan para peserta ini diminta untuk mengonsumsi 2,1 porsi telur, 3 roti putih, 1 porsi yogurt dan 0,1 porsi oatmeal. Peneliti kemudian memantau sebagian dari peserta selama 13 tahun empat bulan. Nah, memasuki masa lanjutan ada setidaknya 2260 orang terkena gejala stroke.

Baca juga:

Lalu, diluar pantauan tersebut peneliti menghitung dengan menggunakan model statistik bahwasannya orang yang mengganti 1 porsi telur atau roti putih menggunakan oatmeal akan memiliki resiko terkena stroke lebih rendah. Kira-kira prosentasenya menjadi 4 persen lebih rendah dibanding orang yang mengonsumsi telur dan juga roti sebagai sarapan. Orang yang mengonsumsi oatmeal bukan yoghurt tidak akan terdampak resiko stroke.

Penulis studi senior yang ada di Universitas Aarhus, Denmark yakni Christina Dahm mengatakan bahwa berdasarkan hasil diatas, tindakan merekomendasikan orang-orang untuk lebih memilih oatmeal dibanding roti atau telur tampaknya lebih baik guna pencegahan stroke. Tetapi hubungan keduanya sangat sederhana dan faktor lain mungkin menjadi lebih penting.

Menurut Dahm sendiri, studi ini bukan bertujuan untuk membuktikan manfaat oatmeal untuk stroke. Hanya saja, oatmeal bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Yang mana kolesterol menjadi salah satu faktor penyebab terserang stroke. Efek gandum pada oatmeal yang bisa menurunkan kolesterol dan kemudian berdampak pada pengurangan resiko stroke mungkin akan terlihat dalam jangka waktu yang panjang.

American Heart Association (AHA) juga memberikan rekomendasi kepada siapapun untuk tidak merokok, menjaga berat badan, olahraga secara teratur, menjaga kestabilan tekanan darah, gula darah dan juga kolesterol. Semuanya bisa dimulai dengan memperbanyak konsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, lemak dan mengganti telur atau roti mingguan dengan menggunakan oatmeal.

Dengan begitu manfaat oatmeal untuk stroke bisa membantu menurunkan resiko stroke iskemik menjadi 5 persen lebih rendah. Selain itu, resiko adanya penyumbatan darah di arteri kecil juga semakin kecil. Pada intinya, dengan mengonsumsi oatmeal bisa mengidentifikasi orang-orang sehat dan paling tidak dalam jangka panjang sudah mengarah pada terkena stroke.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Oatmeal Untuk Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel