Manfaat Okra Untuk Stroke

Manfaat Okra Untuk Stroke

Penggunaan obat-obatan herbal dalam penyembuhan sebuah penyakit, saat ini semakin banyak diminati. Obat-obatan ini bisa berupa ramuan maupun tanaman-tanaman yang biasa ditemui dilingkungan sekitar. Bahkan, banyak pula yang sengaja melakukan budidaya sebuah jenis tanaman karena telah mengetahui manfaat yang dikandungnya.

Salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai obat adalah okra. Manfaat okra untuk stroke ini memang sudah cukup popular. Tanaman ini sendiri banyak ditemui di pasar-pasar maupun supermarket. Bentuknya yang memanjang dan runcing menyerupai oyong dan juga pare.

Okra masuk kedalam jenis sayur-sayuran sehingga bisa diolah sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. Cara memasaknya pun hampir sama dengan kangkung atau tumisan lainnya. Di dalam okra mengandung banyak vitamin serta mineral yang bisa menyehatkan tubuh.

Baca juga:

Menurut National Nutrient Database yang diperoleh dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) setidaknya ada 33 kalori, 8 gram karbohidrat, 2 gram protein dan juga 3,2 serat dalam setiap 100 gram okra.

Okra juga tergolong kedalam sumber makanan nabati yang mengandung banyak antioksidan seperti katekin, oligomer, fenolik dan lainnya. Antioksidan tersebut sangat baik untuk mengatasi peradangan dan juga memiliki sifat antimikroba yang bagus.

Manfaat okra untuk stroke ini bisa dilihat dari kandungan di dalamnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Seperti diketahui bersama, jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah stroke.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Global Journal of Medical Research, adanya polisakarida dalam lendir okra bisa membantu menurunkan kolesterol. Sebab polisakarida inilah yang akan mengikat asam empedu yang mana sebagai pembawa racun dari hati.

Dalam penelitian tersebut juga diungkapkan manfaat okra untuk stroke yang ada di bagian minyak dari bijinya. Pasalnya biji okra mengandung asam lemak linoleat atau omega 3. Nah, apabila asupan omega 3 untuk tubuh baik, maka bisa membantu meningkatkan kolesterol baik. Sekaligus juga bisa mencegah adanya penumpukan plak lemak di pembuluh darah, di bagian bawah kulit maupun yang ada di dalam hati.

Pernyataan yang dimuat dalam laman Harvard Health Publishing juga menyebutkan mengenai manfaat okra untuk stroke. Kali ini disebutkan bahwa adanya serta dalam okra menjadi salah satu komponen penting yang dapat menurunkan kolesterol. Serat ini yang bertugas mengatur jalannya penyerapan gula dari usus yang nantinya akan menormalkan kadar kolesterol dalam darah.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Okra Untuk Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel