Manfaat Puasa Untuk Orang Stroke

Manfaat Puasa Untuk Orang Stroke

Berpuasa memang secara medis maupun secara agama memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh meskipun tidak ada asupan yang masuk selama kurang lebih 14 jam. Namun, di beberapa kondisi, memang ada orang yang justru tidak dianjurkan untuk berpuasa. Sebab, jika dipaksakan untuk tetap berpuasa justru dikhawatirkan akan memperburuk kondisi kesehatannya.

Salah satu orang yang dilarang adalah bagi penderita stroke. Akan tetapi, jika mengingat dari anjuran agama yang menyatakan bahwa dengan berpuasa akan menyehatkan maka rasanya masih perlu dipertanyakan kembali.

Tahukah Anda, manfaat puasa untuk orang stroke? Apakah akan memberikan efek negatif atau justru menyehatkan? menurut Dr Untung Gunarto Sp.S. MM yang merupakan seorang ahli saraf di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, puasa dapat membantu mengendalikan faktor risiko stroke. Bagi Anda yang mungkin pernah menderita stroke, berpuasa mampu menghindarkan Anda dari terkena serangan stroke kembali.

Baca juga:

Kendati demikian, bagi orang yang sedang dalam perawatan akibat serangan stroke tidak dianjurkan untuk berpuasa. Sebab ada pula penderita stroke yang memiliki resiko mengalami dehidrasi. Selain itu, penderita stroke yang juga dengan diabetes melitus. Penderita stroke ini sangat rawan terhadap terjadinya penurunan kadar gula darah secara drastis.

Dr Untung juga mengatakan bahwa penyakit stroke sebenarnya akan mengikuti faktor risiko stroke itu. Faktor yang dimaksud antara lain tekanan darah tinggi, diabetes melitus, obesitas, penyakit jantung maupun adanya kelainan bawaan di bagian pembuluh darah. Perlu diingat juga, bahwa dengan merokok dan kurang teratur dalam berolahraga juga bisa meningkatkan resiko terkena stroke.

Semua faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan puasa. Itulah sebabnya agama menganjurkan kepada umatnya untuk berpuasa karena salah satu efeknya yakni manfaat puasa untuk orang stroke. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan pada saat berbuka puasa. Asupan makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan faktor penderita stroke.

Misalnya saja bagi penderita stroke dengan tekanan darah tinggi harus tetap menghindari garam. Jika penderita stroke dengan diabetes melitus maka harus memperhatikan takaran gula yang dikonsumsi. Dengan Anda tetap menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh, maka meskipun dengan riwayat stroke pun tetap bisa menjalankan ibadahnya dengan lancar.

Tidak hanya Dr Untung saja, masih banyak para ahli lainnya yang juga mengatakan bahwa manfaat puasa untuk orang stroke itu baik. Tentu saja, dengan catatan-catatan tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Puasa Untuk Orang Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel