4 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Meniti Karir

4 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Meniti Karir

Dunia kerja adalah fase setelah kita menyelesaikan studi di universitas. Banyak orang yang takut memasuki fase ini karena memang mencari pekerjaan cukup sulit di tambah kondisi lingkungan perkantoran yang sangat berbeda dengan dunia anak muda seperti sebelumnya. Maka dari itu banyak orang yang masih mengambil bimbingan belajar seperti bimbel bintara polri bagi mereka yang ingin mendaftar sebagai polisi juga beberapa kursus melalui online learning demi menambah keterampilan yang dimiliki. Kira-kira keterampilan seperti apa yang di butuhkan oleh perusahaan? apabila kamu masih memiliki waktu sebelum menghadapi dunia kerja, yuk coba 4 hal ini agar memasuki dunia kerja menjadi lebih mudah.

1. Mendaftar Magang

Magang dapat diibaratkan sebagai simulasi bekerja di perusahaan. Di sana kamu akan belajar banyak sekali pengalaman, dan melakukan banyak pekerjaan. Jangan khawatir untuk membuat kesalahan pada saat magang, karena kegiatan dan pekerjaan yang di berikan ke kamu memang khusus sehingga kesalahan dalam bentuk apapun masih dapat di tolerir.

2. Persiapkan Dokumen penting

Mendaftar pekerjaan memerlukan banyak sekali dokumen demi kepentingan para HRD dalam menyeleksi karyawannya. Dokumen yang harus kamu persiapkan di antara lain adalah, ijazah asli, legalisir ijazah, Foto dengan berbagai ukuran, SKCK bagi perusahaan yang mensyaratkan, foto kopi KTP, dan lain sebagainya. Paling tidak dokumen tersebut di atas yang paling sering di minta oleh perusahaan sebelum melakukan proses wawancara.

3. Perbanyak Relasi

Relasi yang kamu miliki akan menjadi aset berharga untuk dirimu sendiri. Ikutlah organisasi dan berbagai kegiatan lainnya pada masa kuliah agar kamu memiliki banyak kenalan. Relasi juga menentukan hampir 70% kesuksesan anda di dunia kerja dan bisnis. Tidak hanya itu banyak sekali informasi dan peluang yang akan kamu dapatkan nantinya apabila kamu memiliki relasi yang berkualitas.

4. Mencari Informasi

Kamu harus memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup terkait perusahaan dan posisi apa yang ingin kamu lamar, juga skill apa saja yang akan di butuhkan nanti. Sebagai contoh, kamu ingin menjabat sebagai posisi Marketing di perusahaan konstruksi bangunan. Tentunya kamu harus mengetahui atau minimal memiliki dasar akan cara pemasaran juga hal lain yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Apabila kamu tidak memilikinya lebih baik kamu mentargetkan perusahaan atau posisi yang umum yang di dalamnya menerima persyaratan semua jurusan dan tidak perlu memiliki pengalaman.

Itu adalah 4 hal yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu sebelum terjun ke dunia karir. Jangan lupa terus asa soft skill kamu seperti kemampuan berkomunikasi, public speaking, bahasa Inggris dan lain sebagainya. Untuk bahasa Inggris kamu tetap bisa mempelajarinya pada saat kamu sudah bekerja dengan cara mengambil kursus bahasa Inggris untuk karyawan.

Belum ada Komentar untuk "4 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Meniti Karir "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel